Tulisan Website Melukisku

Oh iya apakah kalian tahu aku punya grup lukis?
Perjalanan melukisku ditemani oleh satu kakak kandungku dan tiga orang misanku.
kami berlima les melukis, dan berkembang bersama.
Guru lukis kami memanggil kami "Lima Serangkai"

Dan jadilah kami mengembangkan bisnis lukisan bersama. Kami juga punya website kami sendiri. Nah disini aku akan berbagi tulisanku di website. Selamat membaca!


                                                                 "SENIMAN ITU ANEH"


Para calon seniman! mungkin anda tidak asing dipanggil aneh, gila, pengkhayal.

Jangan khawatir! karena bisa jadi itu tanda anda seorang seniman! anda telah memenuhi satu syarat untuk menjadi seniman.

Teman saya sering berkata "kamu kan sudah besar, kenapa masih suka menghayal?", "sudah besar masi suka mengkhayal, seperti anak kecil saja",
"ah kamu anak aneh", "Gadis pengkhayal" dll. Saya tidak pernah tertekan dengan sebutan itu, karena saya memang begitu, dan saya suka imajinasi, alam dongeng, bahkan saya senang memiliki keunikan dari yang lain.

Saya merasa setiap orang memiliki otak yang berbeda, saya otak seniman lebih suka ke film yang mengkhayal, film menggambarkan zaman dulu, kerajaan, peperangan menggunakan kuda, fairy tale dll. saya kurang suka dengan film yang terlalu canggih, yang menggunakan alat tidak masuk akal atau berhubungan dengan sains, bukan karena filmnya jelek, tetapi otak kita memang berbeda. justru teman saya yang realistis kurang suka dengan film yang terlalu mengkhayal, yang dunianya tidak ada di kehidupan nyata, dia lebih senang dengan film yang memang nyata, yang otak gampang menerima. Manusia itu unik, kita hanya menyesuaikan dengan otak kita, saya kira begitu.

Jika anda merasa tertekan disebut seorang pengkhayal dan aneh, jangan khawatir, saya rasa otak kita memang dirancang seperti itu. Contohnya, kami berlima memiliki banyak sekali kesamaan, karena otak kami berlima otak seniman, jadi selera kita rata-rata hampir sama semua.

guru saya sering sekali mengulang kalimat ini "Jangan jadi seniman kalau tidak bisa mengkhayal." "Seniman harus bisa berimajinasi" "Syarat menjadi seniman, harus bisa mengkhayal". Ketika saya mendengar itu saya merasa diri saya keren! ternyata ini bukan sebuah ke anehan! ini adalah kelebihan dan juga syarat menjadi seorang pelukis!
Tentu saja! tidak semua orang bisa mengkhayal, benar kan?
bisa jadi itu tanda kamu seorang seniman! jangan putus asa, berjuanglah!

seperti yang dikatakan oleh Ralph Waldo Emerson
"Every artist was first an amateur."

Tuangkan lah khayalan itu ke dalam lukisan dan disertai hati, maka orang-orang yang menganggapmu aneh pasti langsung mengetahui makna ke anehan mu!








"LUKISAN HARUS SAMA SEPERTI FOTO?"

para calon seniman dan penikmat seni. Apa kabar?
Kebanyakan dari kita mengira bahwa lukisan semakin hebat jika dapat persis seperti foto atau bumi ini, benar kan?

ya, saya salah satu korban dari pemikiran seperti itu.

saat saya otodidak, semampu mungkin saya melukis persis seperti foto. dan itu membuat saya frustasi.
pernahkah anda terpikir, kenapa di youtube selalu saja diajarkan cara melukis ini, itu,, kenapa mereka semua memberikan panduan melukis seperti mereka, kenapa tidak ada yang berkata melukis karya anda sendiri?

Saat mulai les melukis, saya mengira guru saya akan melukis dihadapan kami, dan mencontohkan cara melukis, lalu kami semua mengikuti, sepeti kelas melukis pada umumnya.
Ternyata dugaan saya salah besar, guru kami sama sekali tidak pernah melukis dihadapan kami semua.

beliau mengajarkan untuk melukis lukisan kami sendiri, tanpa meniru gaya siapapun, menjadi diri sendiri. Kami lah yeng menentukan jalan kami, tanpa terhalangi pikiran harus sama seperti kenyataan, seperti foto, tanpa dikekang sedikitpun.

beliau menjelaskan ini lukisan, bukan foto, jangan pernah sekalipun kamu terkurung aturan-aturan seperti itu, seni itu bebas, sangat bebas, kita bebas terbang kemana saja, bebas melakukan apapun.

kami sekali pun tidak pernah melukis lukisan orang, pada awalnya sangat susah memikirkan sesuatu sendiri, saya harus lukis apa disebelah sini? banyak pikiran dan pertanyaan,, tetapi lama-kelamaan kami bisa, dan ternyata sangat seru!

guru saya juga sering berkata, kalau melukis jangan dipikirkan, biarkan mengalir, karena diawal kita harus sudah matang memikirkan apa yang ingin kami lukis, jadi ditengah tidak perlu repot memikirkannya lagi, tinggal keluarkan saja.
dan guruku benar, hasil lukisan yang keluar begitu saja dan dipikirkan terlihat sangat beda, yang satu terlihat luwes, yang satu agak kaku karena terkekang pikiran.

dan menerapkan tanpa dipikirkan sangat susah!
tetapi begitu kamu bisa melakukannya, kamu akan merasakan kenikmatan! sungguh.
Kamu tidak perlu dikit-dikit dihantui pikiran "lukisanku bagus tidak?"
"bunga disebelah sini cocok ditaruh tidak?" anda tidak perlu susah meikirkan banyak hal, yang hanya membuat kepala anda sakit. Belum lagi jika anda berpikir bahwa lukisan harus sama seperti foto, anda pasti akan dihantui pikiran "sudah seperti asli belum, ya?"

melukis itu enjoy. Tujuan dari melukis yang sesungguhnya adalah menuangkan isi hati, marah, sedih, bahagia, isi hati dapat menghasilkan karya.

Jadilah diri anda sendiri, melihat karya orang boleh-boleh saja, sebagai inspirasi, bukan untuk dijiplak, anda punya karakter sendiri, tidak boleh ada yang mengatur diri anda.

Lukisan adalah lukisan, kalau foto yang anda lihat batang pohon hanya berwarna cokelat serta gelap terangnya, maka dilukisan anda bisa menaruh semua warna, batang berwarna ungu? merah, biru? tidak mengapa! ini lukisan bukan foto! asalkan tidak melenceng dari anatomi, anda bebas berkarya, perkuat karaktermu, dan percaya dirilah!




Komentar

Postingan populer dari blog ini

D.I.Y Quill Pen, G pen, cara mebuat pena bulu ayam

How To Make Beauty and The Beast Enchanted Rose with Clay

Dress Jadul ala victorian